Akseleran: Equity Crowdfunding Pertama di Indonesia

Akseleran adalah sebuah startup yang bergerak di bidang teknologi, atau yang saat ini terkenal dengan sebutan fintech (financial technology) khususnya di bidang permodalan usaha dengan skema crowdfunding berbasis equity. Apaan tuh? Mari kita bahas.

PERMODALAN USAHA DI INDONESIA SECARA UMUM

Buat para pemilik usaha, selama ini cuma mengenal beberapa sumber modal, yaitu:

#1 Modal sendiri

Kelebihannya adalah kita tidak perlu terbeban oleh kewajiban apapun dari dana yang kita setorkan sebagai modal. Kalau usaha gagal ya duit kita hilang, tidak ada pihak yang dirugikan selain diri kita.

Tapi masalahnya, apakah kita punya modal yang cukup atau sesuai dengan kebutuhan usaha kita, baik pada saat mau dibangun ataupun untuk kebutuhan ekspansi? Atau malah belum punya modal sama sekali?

#2 Pinjaman dari orang tua/saudara/teman

Pilihan modal yang murah karena biasanya tanpa bunga atau kompensasi apapun, hanya atas dasar membantu keluarga/saudara atau teman sendiri.

Kelemahannya? Dana yang dibutuhkan belum tentu bisa disediakan seluruhnya. Ditambah lagi pinjaman dari orang-orang terdekat ini seringnya masih dianggap tabu.

#3 Pinjaman bank

Alternatif pendanaan terbaik, karena kebutuhan dana usaha bisa diperoleh dengan maksimal, walaupun harus disesuaikan dengan kebutuhan modal berdasarkan penilaian bank.

Kelemahannya adalah ada beban bunga disana. Selain itu juga ada kebutuhan jaminan dan persyaratan lain seperti: usaha sudah harus berjalan (umumnya) selama 2-3 tahun dan kinerja keuangan harus positif.

#4 Peer-to-peer lending

P2P lending ini merupakan alternatif menarik untuk pendanaan, tapi lebih fokus kepada usaha yang sudah berjalan dengan stabil, usaha dagang, ataupun proyek yang telah memiliki waktu pengerjaan yang jelas.

Kurang tepat jika digunakan untuk membiayai usaha yang baru mau mulai bertumbuh dengan periode panjang.

#5 Venture capital

Kelebihannya adalah modal yang akan diberikan benar-benar berupa setoran modal sehingga tidak ada kewajiban membayar bunga.

Tapi prosesnya tidak mudah, serta ada ticket size tertentu yang menjadi prasyarat. Tambahan lagi fokus venture capital lebih banyak pada bidang digital, sehingga sulit bagi UMKM non digital untuk memperoleh pendanaan.

EQUITY CROWDFUNDING

Secara singkat, equity crowdfunding ini adalah penggalangan modal dimana:

  • Pemilik usaha memperoleh modal usaha, tanpa bunga, dengan menukarkan sejumlah saham kepada investor
  • Investor memperoleh kepemilikan atas saham usaha yang dibiayai, berpotensi memperoleh keuntungan seiring perkembangan usaha, namun juga beresiko menanggung kerugian jika usaha tidak berjalan dengan baik.

AKSELERAN.COM: EQUITY CROWDFUNDING PERTAMA DI INDONESIA

Akseleran adalah fintech pertama di Indonesia yang bergerak di bidang equity crowdfunding untuk mendukung permodalan UMKM dan startup di Indonesia. Dijalankan oleh anak-anak muda dengan latar belakang hukum, akuntan, financial consultant serta tim IT, Akseleran siap menjalankan konsep revolusioner dalam menggalang modal.

Akseleran.com: Portal equity crowdfunding pertama di Indonesia

Konsep Akseleran adalah mengisi funding gap antara pelaku usaha dan pemilik modal. Gap ini diisi dengan modal berbasis saham, sehingga kebutuhan pemilik usaha dan investor sama-sama bisa terpenuhi.

Di satu sisi ada para pemilik/pelaku usaha yang memiliki bisnis dengan prospek bagus namun kesulitan mengakses sumber pendanaan yang memadai.

Sementara di sisi lain ada orang-orang atau pihak yang memiliki sumber dana untuk diinvestasikan dalam bentuk usaha, namun memiliki akses terbatas pada jenis usaha yang sesuai sekaligus aman.

Disinilah Akseleran membantu menjembatani jurang pemisah antara pemilik usaha dan investor.

KEUNTUNGAN BAGI STARTUP DAN UMKM DENGAN MENGGALANG DANA MELALUI AKSELERAN

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh UMKM dan startup dengan menggunakan platform di Akseleran, antara lain:

#1 Penggalangan modal

Pelaku usaha dibantu untuk mendapatkan dana dalam bentuk modal. Walaupun harus “membagi” sebagian kepemilikan usaha dengan investor baru, namun tidak perlu pusing lagi dengan beban bunga ataupun ketersediaan agunan.

#2 Proses mudah dan efisien

Seluruh proses dipersiapkan dan dipandu oleh tim Akseleran. Pemilik usaha cukup memberikan informasi beserta data mengenai usaha selengkap-lengkapnya, beserta rencana bisnis yang ingin dicapai.

#3 Bantuan persiapan business plan dan proyeksi keuangan

Akseleran akan mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan oleh pelaku usaha dan startup untuk menghadapi investor, termasuk di dalamnya business plan dan proyeksi keuangan.

#4 Biaya yang terjangkau

Fee untuk Akseleran adalah 3% dari total dana yang berhasil diperoleh. Bahkan ada diskon juga untuk usaha dan startup yang berhasil lolos untuk kampanye di tahap awal.

#5 Akses ke investor

Akseleran akan membuka juga akses ke berbagai jenis investor selama proses penggalangan dana, baik itu investor individu maupun investor institusi yang ingin menginvestasikan dananya.

#6 Akses pada komunitas yang mendukung usaha

Akseleran juga akan membantu pemilik usaha untuk memperoleh akses pada komunitas yang sesuai dengan usaha, untuk membantu memperluas pasar di masa depan.

KEUNTUNGAN BAGI INVESTOR YANG MENANAMKAN MODAL MELALUI AKSELERAN

Umumnya kesempatan investasi pada startup dan UKM biasanya hanya dapat diakses oleh investor profesional atau venture capital mengingat proses yang panjang, rumit dan mahal. Hal ini membuat proses investasi startup dan UKM menjadi tidak efisien bagi investor individual.

#1 Akses untuk menanam modal pada startup dan UMKM inovatif

Investor tidak perlu lagi bingung dan ragu dalam memilih usaha atau startup yang tepat, karena setiap usaha/startup yang bisa masuk dalam proses penggalangan dana Akseleran telah melalui proses seleksi serta uji tuntas hukum dan keuangan yang ketat.

#2 Proses yang efisien, mudah dan aman

Semua proses investasi dilakukan secara online sehingga memudahkan bagi siapapun yang ingin berinvestasi. Investor cukup melakukan pendaftaran di web Akseleran, mengisi beberapa data, dan sudah bisa mengakses semua data kampanye penggalangan dana yang sedang berlangsung.

#3 Tidak dikenakan biaya apapun

Tidak ada biaya apapun yang dibebankan terhadap investor dari Akseleran.

#4 Perlindungan maksimal

Semua perlindungan hukum bagi investor telah didesain sebaik mungkin oleh tim Akseleran.

Akseleran akan menangani seluruh proses investasi, antara lain: melakukan uji tuntas hukum dan keuangan, melakukan negosiasi, melakukan dokumentasi hukum, dan melakukan proses penyelesaian investasi

#5 Nilai investasi yang sangat terjangkau

Minimal nilai investasi di Akseleran hanya Rp 100ribu saja. Bayangkan dengan selembar uang Rp 100ribu, kita sudah bisa ikut serta memiliki sebuah bisnis.

Catatan tambahan: exit strategy

Karena investasi di Akseleran berbentuk penyertaan saham, maka exit strategy nya berbeda dengan investasi umum seperti pinjaman. Dalam investasi berbentuk penyertaan saham, ada beberapa alternatif exit strategy:

  1. Melalui pembagian dividen dari hasil usaha di periode tertentu secara proporsional sesuai porsi saham yang dimiliki.
  2. Melalui capital gain jika nilai dari perusahaan meningkat di masa depan dan dibeli oleh investor lain.
  3. Melalui proses penawaran saham kepada masyarakat atau IPO di Bursa Efek Indonesia.

PENGALAMAN MENGGUNAKAN AKSELERAN

Dari sisi pemilik usaha

Kebetulan saya beruntung untuk terpilih menjadi salah satu usaha yang ikut serta dalam kampanye perdana di Akseleran.

Saya akui proses due diligence tim Akseleran ini detail dan hati-hati, seperti saat kita akan mengajukan fasilitas kredit di perbankan. Ada interview, site visit, sampai permintaan laporan keuangan dan data rekening koran 1 tahun terakhir.

Setelah itu Akseleran mulai membuat business plan, proyeksi untuk 5 tahun ke depan dan pada akhirnya menentukan valuasi usaha kita. Ini menentukan berapa persentase saham yang akan ditawarkan ke investor.

Tidak lupa disiapkan juga sebuah pitch deck yang lengkap sebagai materi presentasi kepada investor. Semua dikerjakan dengan baik dan profesional.

Dari sisi investor

Dari sisi investor, pitch deck bisa langsung dipelajari melalui website Akseleran. Sedangkan proyeksi lengkap keuangan dengan mudah bisa diminta bila diperlukan. Setiap investor dibuatkan perjanjian pengikatan yang berisi nominal penyertaan modal dan persentase kepemilikan saham.

Semua uang investasi ini disimpan secara terpisah oleh Akseleran dan akan dikembalikan tanpa potongan jika penggalangan dana yang diikuti tidak mencapai target.

KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan

  1. Walaupun masih baru dan menjadi fintech pertama dan satu-satunya yang bergerak di bidang equity crowdfunding di Indonesia, Akseleran sudah mampu melakukan proses penggalangan dana untuk UMKM. Padahal proses ini meliputi proses due diligence, pembuatan business plan, penghitungan valuasi usaha dan proses jual beli saham yang sangat detail.
  2. Didukung oleh tim yang terdiri dari ahli hukum, konsultan bisnis dan keuangan, serta tim IT yang handal.

Kekurangan

  1. Konsep equity crowdfunding adalah sesuatu yang baru di Indonesia. Hal ini masih belum banyak dimengerti baik oleh investor maupun pemilik usaha. Pekerjaan rumah terbesar Akseleran adalah mendidik masyarakat mengenai konsep ini, khususnya mengenai potensi keuntungan dan risiko usaha yang mungkin timbul.
  2. Jumlah nominal investasi Rp 100.000 menimbulkan kesan “tidak serius” bagi sebagian calon investor. Beberapa orang malah keliru mengartikan sebagai donasi.

PENUTUP

Overall, arus diakui bahwa Akseleran adalah sebuah fintech yang revolusioner dalam menggalang modal bagi pemilik usaha dan startup, dan juga menjadi salah satu alternatif investasi bagi masyarakat yang berkeinginan untuk menanam modal pada bisnis riil di Indonesia.

Sukses selalu.

equity crowdfunding indonesia

 

Image: id.techinasia.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.